Wednesday, December 8, 2010

Baek Seung Jo's Diary - Epilogue

Seung Jo

(Satu Tahun kemudian )
Kkong Dang Kkong Dang
Aku dapat mendengar Ha Ni menaiki tangga.
Suara Ha Ni yang kembali kepelukanku, membuat bibirku perlahan-lahan tersenyum.
"Aku kembali." Ha Ni mengatakannya dengan suara yang lesu.
Dengan tugas akhir Ha Ni untuk tesnya itu dia membutuhkan banyak energi bahkan dia harus melindunginya dari hal yang menyedihkan.
Whoo~ Dia datang ke sisiku dan menghembuskan nafasnya.
Dari balik punggungku aku mendengar suara hati Ha Ni dan itu membuatku merasa baik.
Perlahan-lahan aku mengangkat lengannya dan memberikannya ciuman di belakang.
Dan dia balik memberikan ciuman hangat pada daun telingaku.
Skinship itu hanya datang sesaat.
Seperti salju yang datang di musim semi lalu meleleh.

Seung Jo : "Apa itu begitu sulit?"
Ha Ni : "Ya."
Ini pasti sangat sulit karena dia tidak mengatakan tidak.
Seung Jo : "Cuci muka dan cepatlah istirahat."
Ha Ni : "Tidak. Aku harus belajar sedikit lagi. Besok adalah test yang terakhir."
Seung Jo : "Apa kau membutuhkan bantuan?"
Ha Ni : "Tidak. Aku akan melakukannya dengan caraku."
Seung Jo : "Ada apa denganmu? Kau tidak meminta bantuanku."
Ha Ni : "Ini pasti sulit untukmu juga kan? Aku dengar kau akan ada test sistem saraf besok."

Aku merasa tersentuh mendengarnya.
Hari ini aku melihat dia berfikir secara mendalam dan mencoba berdiri di jalannya.
Untuk seorang jenius sepertiku kesulitan dalam belajar
kedokteran adalah menyita tenagaku.
Bahan untuk belajar kedokteran sangat besar sehingga
tidak ada yang seharusnya belajar sendiri.
Entah itu belajar kelompok atau berbagi informasi dengan teman atau dari catatan senior.
Terlalu banyak yang harus di hapalkan.
Aku sangat berterima kasih atas nama cinta untuk mengenali dan memikirkan ini.

Ibu Seung Jo : "Hani, Lanjutkan belajarmu setelah kau makan snack ini. Oh tuhan! Bagaimana bisa begitu sulit? Kau cukup memiliki anak dan hidup dengan tenang dan manis sebagai gantinya."

Begitu aku tertidur, Ibu datang diam-diam.
Hari ini Ibu sangat sibuk menyiapkan snack untuk Ha Ni.
Semakin lama HaNi-ku akan terlihats seperti Babi

Hani : "Ya, terima kasih. Kau tidak perlu melakukan ini, kau bahkan tidak tidur. Jika aku lapar maka aku akan mengambilnya."
Ibu Seung Jo : "Tidak. Ini lah bagaimana aku hidup. Aku hidup tanpa bersenang-senang setelah aku membesarkan dua adik kaka yang begitu kaku seperti mayat."
Tentu saja itu adalah sesuatu yang pasti akan Ibu katakan.

Ok! Tiba-tiba saja Ha Ni muntah. Ada apa ini?

Ibu Seung Jo: "Apa ada yang salah dengan rasanya? Apa tidak enak? Aku hanya mempersipkannya."
Ha Ni : "Tidak. Aku hanya merasa tidak enak badan. Ini pasti karena aku sedikit kelelahan."
Ibu Seung Jo : "Kau... Apa kau memiliki berita bagus...?"

Ibu pasti berfikir Ha Ni hamil. Aku sebaiknya menghentikan pembicaraan ini.

Seung Jo : "Ibu! Kumohon berhenti berbicara dan turunlah ke bawah untuk tidur. Aku harus pergi besok pagi. Kau tidak perlu menceritakan kisahmu tentang hubungan Ibu Mertua dan Anak menantu. Semua sudah mengetahui hal itu."
Ibu Seung Jo : "Oh? Apakah kau terbangun karena aku? Maaf! Ha Ni! Jika kau merasa tidak enak badan maka sebaiknya kau cepat meminum obat."

Ibu mengatakannya dengan nada suara yang lembut dan nyaris hilang.
Lalu Ib upun pergi ke bawah.

Setelah mendengar suara Jam Alarm, Ha Ni tidak juga bangun.
Seung Jo : "Bukankah ini waktunya kau pergi ke kampus? Kau harus bangun."

"Baiklah." Ha Ni mengatakannya namun saat dia mengatakan itu suaranya terdengar tidak ada kekuatan sama sekali.
Saat aku meletakan tanganku di keningnya, Dia sedang demam.
Saat memeriksanya, aku melihat lingkaran hitam di bawah matanya dan wajahnya tidak terlihat segar hari ini.
Dia pasti sedang sakit.

Seung Jo : "Kau sepertinya sedang demam. Jadi pergilah ke rumah sakit."
Ha Ni : "Baiklah. Setelah dari kampus aku akan pergi ke rumah sakit dan pulang ke rumah."


Ha Ni

'Apa yang harus kulakukan? Aku hamil. Aku tidak dapat menjadi perawat dan tidak dapat menyelesaikan apapun.'
Pertama kali menjadi seorang Ibu. Aku benar-benar merasa bodoh.
Seung Jo juga sedang sibuk belajar dan jika tiba-tiba dia tau mengenai akan memiliki anak maka itu akan menjadi sulit untuknya, kan?
Dan jika Ibu mengetahui hal ini maka dia akan memintaku untuk menyerah menjadi perawat.
Apakah aku harus menyerah dengan cita-citaku ini?
Apa yang harus kulakukan?

Aku merasa hatiku terbebani saat aku berfikir bahwa aku tidak bisa meneruskan mimpiku untuk menjadi seorang perawat demi memiliki bayi.
Begitu aku pulang, Ibu langsung menanyakan beberapa pertanyaan padaku.
Aku rasa dia mencoba mengantisipasi sesuatu.
Aku hanya berkata bahwa aku sedang sakit perut dan aku langsung menaiki tangga menuju kamar.
'Seung Jo, cepatlah dan pulang. Apa yang harus aku lakukan?'

Walaupun aku dengan sabar menunggu Seung Jo pulang, d
ia tetap pulang terlambat hari ini juga.
Mahasiswa yang lainnya dari Kelompok Belajarnya tinggal bersama namun karena Seung Jo sudah menikah maka dia pulang ke rumah walaupun dia selalu telat.
Aapakah dia akan senang jika tiba-tiba kami memiliki
anak di tengah-tengah kesibukan kami belajar?
Saat sedang menunggu Seung Jo. Sejumlah pikiran datang dan menghantui pikiranku.
'Aku harus menunggu dan mengatakan padanya mengenai ini saat test kami sudah berakhir. Jika aku mengatakannya sekarang maka dia akan sulit konsentrasi dalam belajar. Bayi, Maafkan aku! Aku bukannya tidak senang mendapatkanmu, tapi Ibumu dan Ayahmu sedang sedikit sibuk. Maaf Bayi...'

Seung Jo :"Apa yang mereka katakan saat di Rumah Sakit? Apa kau baik-baik saja?"
Ha Ni : "Ya."
Seung Jo : "Minggu depan saatnya test, Apa kau yakin?"
Ha Ni : "Ya. Aku harus lulus! Untukku, untukmu dan untuk ba... HMPH!"
Ha Ni sedang berbicara namun tiba-tiba dia menutup mulutnya
dengan tangan dan berhenti berbicara.
Seung Jo : "Apa?"
Ha Ni : "Ah tidak apa-apa."
Seung Jo : "Kau sudah bekerja keras Ha Ni-ku! Tunggulah beban berat ini untuk beberapa hari lagi."


Seung Jo

Melihat Ha Ni yang diam, aku pun menariknya ke pelukanku dan mengelus rambutnya.
Nafas Ha Ni yang lembut itu terasa di dadaku.
Aku merasa sangat damai saat Ha Ni di pelukanku.
Seperti cahaya kembang api, perlahan-lahan di keningnya, lalu di daun telinganya aku menciumnya.
Perlahan-lahan ini semakin hangat. Dia seperti yang meleleh dan Ha Ni mulai merapat kempelukanku.
Nafas itu semakin cepat dan dalam. Saat aku ingin merapat padanya, dia tiba-tiba mendorongku menjauh.

Seung Jo : "Kenapa? Apa ada yang salah? Kau tidak menyukainya?"
Ha Ni : "Ini karena aku sedikit lelah. Maaf. Mungkin karena test maka aku sedikit tidak nyaman."

Aku merasa khawatir dan sakit saat melihat Ha Ni benar-benar lelah.

"Kalau begitu, biarkan aku memelukmu dan tidur."

Kenapa dia seperti ini, Apakah ini benar-benar karena test? Ini terlihat seperti ada sesuatu yang dia khawatirkan. Dia tampak begitu tertekan karena test ini. Aku harus bisa menghiburnya bagaimanapun juga caranya.



HA NI

Walaupun aku ada di pelukan Seung Jo dan berciuman dengannya tapi aku tetap tidak dapat berhenti mengkhawarikan apa yang akan terjadi nanti.
Apa yang harus di lakukan? Apakah seseorang sepertiku dapat menjadi Ibu yang baik? Aku tidak pandai, orang yang ceroboh dan selalu mendapatkan kecelakaan. Dan bagaimana jika aku tidak bisa bersama anakku? Seperti yang terjadi dengan Ibuku.
Aku tidak ingin memikirkan hal ini tapi hal ini terus muncul dan membuatku merasa khawatir.
'Seung Jo, apa yang harus kulakukan? Aku ingin menjadi seorang Ibu setelah menyelesaikan mimpiku dan menjadi orang yang baik. Karena sudah terjadi seperyi ini, Apa yang harus kita lakukan? Oh Ha Ni! Berhentilah panik dan mulailah rajin belajar!'


Seung Jo

Aku pikir dia sudah tertidur, Tapi Ha Ni diam-diam melepaskan pelukanku dan duduk di depan meja. Dia terlihat begitu sedih.
Siput itu terlihat sangat rajin demi menggapai mimpinya. Aku bangga padamu Ha Ni, tapi melihatmu seperti ini. Ini membuat hatiku seperti tertancap pisau.
Aku melihatnya dari belakang saat dia sedang belajar tanpa mengatakan apapun.
Semangat siputku Oh Ha Ni!
Perlahan-lahan dia jatuh di meja dan tidak terbangun lagi.(Maksudnya ketiduran)

'Dia pasti tertidur muskipun ia tidak bisa terjaga terus semalaman."

Angin berhembus...
Aku berfikir dia akan terbangun jadi aku pelan-pelan sekali mengangkatnya dan memindahkannya ke atas kasur. Setelah itu aku memilihkan beberapa pertanyaan untuk ujian dan menjelaskan masalah dari pertanyaan yang dia jawab salah dan memeriksa masalah apa saja yang perlu kau ketahui. Ini asalah hadiah kecilku untuk kerja kerasmu.


Ha Ni


Akhirnya hari ini adalah test...
Mulai sekarang, Bayi ini dan aku dapat mengatasi masalah ini.
Karena kami sama-sama belajar, bayi ini pasti merasa menderita saat aku menarik perutku, itu terkadang terasa sakit.
Maafkan aku, aku hanya terkejut bayi. Maaf Bayi. Namun pada saat aku membelai perutku maka semuanya akan baik-baik saja.
Kau pasti akan sangat tulus dan seperti aku. Kau akan sangat dingin jika kau seperti Seing Jo.
Tunggu... Bagaimana jika kau sepertiku yang tidak pintar?
Tidak. Bayi kumohon kau harus memiliki otak Seung Jo dan kepribadian sepertiku.
Kumohon... Aku sungguh-sungguh memohon padamu Bayi.

'Lakukan yang terbaik untuk test.' Kata Adik ipar Eun Jo.
'Ha Ni! Minumlah beberapa obat untuk menenangkan hatimu.' Ucap Ibu yang selalu khawatir.
'Makanlah bekal makan siang ini' Ucap Ayahku
Dan Ayah Mertua hanya menepuk punggungku memberi semangat.

Semua orang memberikan semangatnya dan datang ke tempat test.
Tapi mengapa aku merasa pusing? Ini tidak boleh terjadi. Biarkan aku mendapat kekuatan.
Bayi! Smeoga kekuatan itu di berikan kepada kita. Semangat untukmu juga Seung Joo! Berikan kami kekuatan.


Seung Jo

Aku sedang menunggunya di depan tempat test, sebaiknya aku membawanya pergi untuk makan sesuatu yang baik.
Untung saja udara tidak sedang dingin.
Kau pasti melihatku dari jauh karena kau terus tersenyum dan berlari ke arahku.
'Apa kau merasa begitu baik?'
Senyuman itu memenuhi hatiku seperti pemandangan musim semi
dan bunga yang bermekaran.
Aku merasa hatiku berdebar-debar dan merasa gembira. Tiba-tiba Ha Ni pingsan di depanku. Dan secara tiba-tiba hatiku terjun kedalam lubang yang begitu besar.

Dokter : "Karena terlalu stress yang di terima oleh Ibu maka Bayi juga merasa stress. Jadi sebaiknya anda sebagai Suami tolong menjaga istrinya agar tidak mendapat stress. "
"Ibu?" Aku merasa seseorang memukul bagian belakang kepalaku dengan palu.

Seung Jo : "Apa kau sudah tau?"
Ha Ni : "Yeah."
Seung Jo : "Bodoh, kenapa kau tidak memberitahuku?"
Ha Ni : "Karena kau akan kaget dan sibuk. Aku juga tidak menyiapkan apapun."

Suara yang keluar dari mulutnya itu terdengar begitu ragu-ragu.

Seung Jo : "Lalu apa kau berniat menggugurkannya?"

Ha Ni pasti sangat kaget dengan suaraku yang marah dan matanya terlihat membesar lalu dia mengangguk dan mengatakan hal ini sambil menangis,

Ha Ni : "Aku pikir ini akan membingungkanmu jika aku mengatakannya saat kau sedang sibuk belajar, setelah kita menyelesaikan test ini....."
Seung Jo : "Kenapa kau tidak mempercayaiku? Kau yang membuat semua penderitaan ini dan aku bahkan tidak tau jika kau tertawa seperti orang bodoh. Kenapa kau membuatku terlihat seperti orang yang jahat? "

Melihat tangisan yang jatuh dari mata Ha Ni, Aku berhenti mengatakan kata-kata yang menyakitkan.
Mengatakan kata-kata ini aku pikir Bayi ini akan mendengarnya dan aku mengabaikan mata Ha Ni.
Baek Seung Jo. Kau memiliki jalan yang panjang untuk pergi...

Dia terus menundukan kepalanya, menangis dan dengan wajah ketakutan itu suaranya bergetar, "Tidak itu... itu... bukan itu. Jika Ibu mengetahui ini... Berhenti belajar... Biarkan itu pergi... Dia pati akan mengatakan seperti itu. Aku benar-benar ingin menjadi seorang perawat dan Istri yang baik untukmu..."


Hani yang setengah menangis ini dan Bayi ini membuat hatiku luluh.
Jika saja dia bertemu dengan laki-laki normal maka Bayi ini tidak akan menderita seperti ini...
Jika aku lebih menjaganya...
Seseorang yang menjadi dokter bahkan tidak mengetahui bahwa istrinya sedang hamil dan dia menderita seperti ini...
Sesaat aku merasa bahwa tanggung jawab ini mencekik-ku
Dengan diriku ini bagaimana aku mengatasi rasa ketakutan ini dan membuat Bayi ini nyaman?
Kata 'Maaf' tidak keluar dari mulutku. Aku merasa begitu rendah dan buruk, dan yang bisa lakukan hanya memeluk Ha Ni.

Dan pada saat aku menelan semua kesedihan ini semuanya keluar begitu saja, tangisan yang sedih untuk sesaat.
Berapa lama tubuh mungil ini dalam penderitaan?
Seperti suami yang bodoh, tangisan itu membuat tulang ini sakit.
Tangisan dari laki-laki yang membiarkan istrinya menanggung semua penderitaan ini.

Ha Ni : "Sebenarnya aku takut. Aku takut bahwa aku tidak bisa menjaga anakku seperti yang Ibuku lakukan. "

Aku mengerti. Kau merasa terluka dari sesuatu yang bahkan aku tidak pernah pikirkan.

Seung Jo : "Itu baik-baik saja. Kau memiliki aku. Aku akan menjagamu. Tidak peduli apapun aku tidak akan membiarkanmu pergi meninggalkanku sendri. Jadi jangan khawatir. Mengerti?"

Sebuah janji dan ciuman.
Air mata di pipinya dan air mata di bulu matanya itu.
Air mata penderitaan di keningnya yang memerah juga...
Mulai sekarang jangan menangis sendiri.
Dengan menghilangkan air mata ini maka aku juga akan menghilangkan semua kesedihanmu.
Kesendirian yang ada di air matamu itu aku minta kau menghapusnya.
Perlahan-lahan air mata Ha Ni pun mulai mereda.

Dengan wajah yang penuh air mata itu dia bertanya, "Apa kita tetap akan memberitahu hal ini pada orang tua kita?"

Seung Jo : "Tidak. Dengan sikap Ibu yang agresif itu kita tidak tahu apa reaksinya jadi kita harus menunggu hingga hasil tes-mu itu keluar. Setelah kita lulus maka dia tidak akan meminta kau untuk keluar atau berhenti kuliha. Ngomong-ngomong, aku dengar jika seseorang sedang hamil maka akan menginginkan sesuatu. Apa kau menginginkan sesuatu?"
Ha Ni : "Apa kau benar-benar akan membawakan apa yang aku inginkan?"
Seung Jo : "Tentu."
Ha Ni : "Sejauh ini belum ada yang aku inginkan."


Menanyakannya seolah-olah jika dia tidak percaya dan dengan matanya yang berkilau.
Apakah aku benar-benar seperti itu? Ini adalah sesuatu yang tidak pernah aku pikirkan sebelumnya.
Seujujurnya walaupun aku mengatakan aku mencintaimu tapi terkadang aku mengabaikan hal-hal kecil yang kau lakukan untukku.
Maafkan aku lagi. Kenapa cinta berarti mengatakan maaf?
Kapan akan ada hari dimana cinta lebih efisien dengan mengatakan maaf?

Ha Ni : "Aku ingin makan Strawberi. Apakah ada Strawberi di bulan November?"
SeungJo : "Pasti ada rumah Strawberi. Aku akan membelinya!"

Untuk waktu merawatnya aku ingin mencobanya dan menyeimbangi apa yang dia telah berikan. Jadi aku pun berlari di tengah angin November.


Eun Jo : "Ibu, Lihat Kaka! Kenapa dia menyembunyikan Strawberi yang dia bawa dan berlari begitu cepat? Betapa memalukannya ini, dia berlari begitu cepat apa karena dia berfikir bahwa akan ada yang mencuri Strawberi itu?"
Ibu Seung Jo : "Apa? Strawberi?"

Dari belakang aku mendengar ekspresi Eun Jo yang ragu dan suara Ibu yang tiba-tiba penasaran. Aku harus menyembunyikan ini dan cepat kedalam kamar.

Seung Jo : "Ini, aku membeli Strawberi."
Ha Ni : "Ini memakan waktu yang lama dari yang aku pikir. Apa tidak ada yang menjualnya di sekitar sini?"
Seung Jo : "Yeah. Tidak ada tetangga yang memilikinya jadi aku pergi ke supermarket besar. Aku pikir aku tertangkap basah oleh Eun Jo jadi cepatlah habiskan."
Ha Ni : "Benarkan? Kalau begitu kita berdua harus memakannya."
Seung Jo : "Jangan membagi itu! Kau harus memakannya sendirian! Apa ada lagi yang ingin kau makan?"

Tiba-tiba aku merasa hatiku terpenuhi oleh tatapan Mata Ha Ni yang seperti cahaya bulan.
Dengan cahaya bulan itu, hatiku dapat menghangatkan tubuhku.

Ibu Seung Jo :"Ha Ni! Seung Jo!"
Ibu begitu cepat dan suaranya seperti menghantak belakang kepalaku.

Ibu Seung Jo : "Kalian berdua memiliki sesuatu yang di sembunyikan benar bukan? Jawab dengan jujur. Apa Ha Ni hamil?"

Rasa penasarannya itu sungguh gila.

Seung Jo : "Ya."
Ibu Seung Jo : "Benar? Tebakanku akurat! HA HA HA HA kenapa kalian menyembunyikan berita gembira ini? AKu merasa sedih."
Ha Ni " "Seujujurnya... Aku pikir kau akan memintaku untuk berhenti belajar."

Ibu terlihat menyesal dan dia meminta maaf pada Ha Ni dan Ha Ni hanya menundukan kepalanya.

"Hey, Kenapa aku akan memintamu berhenti belajar? Kau sudah bekerja keras. Saat kau sedang dalam masa ngidam maka itu akan ada istirahat jadi tidak apa-apa. Dan jika di hitung maka bayi ini akan lahir di bulan Agustus. Itu akan ada waktu liburan lagi jadi ini sangat sempurna. Seung Jo, kau benar-benar jenius bahkan kau sudah membuatnya dalam waktu yang sangat tepat."

Di daftar Ibu yang Ibu buat ini tampak begitu sempurna
Dia selalu sibuk. Tapi dia begitu cepat jadi aku rasa ini tidak aka menjadi masalah.

Ibu Seung Jo :"Jangan khawatir dan cukup lahirkan bayi yang sehat. Aku akan mengatur semuanya."
Seung Jo : "Jangan memakaikan pakaian bayi perempuan lagi!"
Ibu Seung Jo : "Tidak! Aku tidak akan melakukannya lagi! Ha Ni akan melahirkan Bayi yang cantik kan? Benar Ha Ni? Apa yang kau lakukan? Cepat telfon Ayahmu. Eun Jo! Kau juga harus memikirkan nama Bayi! Ah kita harus mengambil foto perayaan!"

Suara yang ribut itu keluar dari suara Ibu yang penuh dengan kegembiraan dan memenuhi rumah ini. Awal penderitaan ini sudah pergi dan sekarang cahaya matahari membuat semua ini bersinar.

Dan untuk Bayi kami juga ^^

116 comments:

Aya RF said...

Waaahhh makasih Zolaa keren deh... ga ada duanya Kangen Seung Jo, pengen rerun PK lagi nih

Aya RF said...

Zola zola... kangen Zola, Buat Rianti salam kenal ya :) Blognya makin keren, palagi ada epilog Seung Jo-Ha Ni Tambah oks deh, sukses buat ujiannya ya ^__^

sarah puspaherning said...

aaaaaaaaaaaaaaaa akhirnyaaaa mereka sudah punya BAYI XDDDDDDDDDDDDDDDD /runs around circle/ :D

makasi kak zola buat semuanya :D

azkayaya said...

ini penutup dr BSJ Diary ya? baguus banget!
tengkyu Zola

Devi sinaga said...

Wach ini episode paling mengharukan :D

Anonymous said...

akh.... akhirnya Hani hamil juga

Anonymous said...

Zola, mw nanya nih.
Diary d atas masuk tdk dalam episode special youtube atw hanya dalam diary?
Siapapun yg tau tlg djawab yah!!!
Makasih

rhenni dong sun said...

lho..lho... ini lanjutan yang mana zola...wahh kerenn ada diyou tube ga zola??

ada lagy ga zola??? lanjutannnya...

rhenni dong sun said...

lho..lho... ini lanjutan yang mana zola...wahh kerenn ada diyou tube ga zola??

ada lagy ga zola??? lanjutannnya...

zola...gomawoo ^^

Zola said...

Ini salah satu bagian dari Diary Baek Seung Jo tapi bukan dalam edisi yang special youtube. Tapi Epilog ini dikeluarkan secara resmi oleh pihak Playful Kiss ko. dan Masih ada satu epilog lagi tentang mereka yang udah punya anak. Nama Anaknya Baek Seung Ha. Nanti Zola posting ya ^^

weny_cristalina said...

@anonymous : hmmh iya .. diary ini ga termasuk dlm special youtube .. tp pihak Playful Kiss membuat ini krn masih banyak yg penasaran dgn cerita cinta Seung Jo dan Hani .. terbukti meskipun Playful Kiss udah lama tamat, masih banyak yg nonton special youtube-nya maupun baca diary-nya .. :)

@zola : makasih udah posting Seung Jo's diary epilogue 1 Zola .. aku jg udah baca epilogue 2 nya dlm bhasa inggris .. :)
Baek Seung Ha ... diambil dari SEUNGjo dan HAni .. Aiihhh .. so sweetnyaaaaaa .. :)

Anonymous said...

zola makasiih ya..
ak tunggu posting berikutnya :D
hidup Baek Seung Ha yang makin menambah keharmonisan keluarga seung hani ":)

yanie said...

zoollla,, love u deuh....
maksih bgt,, aku dah menanti2 moga epilog baek seung jo diary nie, zolla muat di blog'y.. gomawa... kangen bgt ma hani n seung jo,,jadi ngebayangin mereka lagi.. wat,, zola n rianti sekali lagi maksih n tetep semangat.. ^_^

ndu :) said...

akhirnya Ha Ni dan Baek Beung Jo punya baby ^^
gmn y ntar anknya ??
kayak Ha Ni atau Seung Jo ya ??
jadi gag sbar,baca lanjutan epilognya :)
smangat Zola :)

Anonymous said...

zola,,, salam kenal,,, aku ru nge post comment di blog kamu..
aku udah lama baca blog kamu, tapi lum sempat nge-post, hehehe

thx ya zola,,, aku penggemar baru kamu ney, hehehe
seneng deh ada epilogue nya,,, dah punya anak lagi,,,
ditunggu yang bag 2 ya,,,

_tifa_

Anonymous said...

zola,, salam kenal...

blog kamu keren dech,,, naneun noemo chuae...

seneng nya baca seung jo diary dari blog kamu,,, gomawo ^^. aku juga suka sinopsis2 lainnya

ditunggu tulisan2 kamu selanjutnya...
gomawo udah post epilogue nya,,, ditunggu part2 nya..

_tifa_

Anonymous said...

Lien13elieve
@zola wah gomawo zola akhrny bs bc yg indo ny..hehe oy dtunggu part 2 nya ya..skali lg gomawo..

rienz said...

Zola... thanks ya... Ditunggu cerita Baek Sung Ha yah...

Anonymous said...

ha ha..kangen ma bsj n ohn..
akhirnya ohn hamil ........
kalo saja ada videonya jg..

atika_unniie said...

wah... sukaaaaa... i love you zolaaa.... very much much much thank you,,, aku udah menyebarkan blogmu ke tmen2 ku,,,dan mreka bilang,,, all sinops and diary PK dri zola TOP abiiisss... apalagi epilog Ha Ni ini hamil... wuih,, bakal sukaa...

jgn lupa blajar ya zola,, kudoakan smoga sukses...

deota_KHJ said...

wuah.....keren deh zola translet juga....walo udah baca eng version tapi kalo belum baca versi zola kurang puas rasa nyah,,,,,,

epilog kedua seung ha udah besar....sukanya ngerusakin barang saking rasa penasannya tinggi banget......

kalo gak dibuat season2...berharap movie aja deh ceritanya mereka dah punya anak gitu.....penasaran banget seung jo ngerawat anaknya kayak gimana....pasti ibunya rame banget deh tau cucunya perempuan....
berharap sekali dibuat movienya.....


sukses kuliah ya zola....
luph u pull.....

Anonymous said...

hahahaa.... gag sabar jdnya memunggu epilog selanjut'y.... pasti lucu n keren ney. terharu lho baca epilog ini.... gomawo zola.... ^^

-Irene-

deota_KHJ said...

keren zola....tambah seru kalo baca versi kamu....


yang kedua seung ha udah besar ceritanya...kayaknya otaknya nurunin seung jo bukan ha ni...hahaha.....

kalo gak ada season2...berharap banget ada movienya...trus ceritanya mereka dah punya anak.....pasti keren deh.....

Anonymous said...

wah, dtunggu banget Baek Seung Ha nya..

Anonymous said...

KEREN.... :)

Anonymous said...

KEREEEEEEEEN ..
ditunggu zola yg selanjutnya ..

Anonymous said...

zola !!!!!!!!!!!!!
thx bgt ya akhirnya keluar jg epilognya.
tp masih ada yg kedua kan? hehehe ..
salut deh buat kamu masih sempat posting walau sdg ujian. di tunggu posting sinopsis2 berikutnya ya ...
Zola fighting !!!
once again gomawo !!

@Fung

Anonymous said...

i loveeee u zolaa

haha
seung jo i love u juga :D

gak kebayang klo di visualisasikan
romantis tisssss

Flowern said...

kemaren mo ngepost ga bisa, mungkin karena pake hp kali yah?

anyway, thanks berat buat official PK, and special buat Zola yg ngetranslatenya!!

ending persis seperti yg diharapkan, moga2 suatu saat nanti ada PK mau ngadain syuting buat episode ini (itu juga kalo para pemainnya bersedia :D)

Naneun said...

omo keren sangadt, seandaix ad videox psti seru liatx....

gomawoo...zola

blacklist said...

wah, udah hamil ya haninya...?
bagus banget zola, sinopsisnya...

tapi sayang ga ada gambarnyaa..:(
tapi gapapa, kan zola udah nyempetin waktunya buat bikin sinopsis ini..:D

chongmal gomawoyo, zola...

Anonymous said...

Itazura na Kiss versi korea lah yg paling memuaskan yah. gag mengecewakan. Kdrama emg paling kerennn. sll memuaskan keinginan para penonton. gomawo zola. keep hwaiting yahhh.... ^^


-Irene-

Anonymous said...

gomawo zola, gomawo rianti, hehhe
masiih ada epilog seung jo yang satu lagii, d tunggu yaaaa

sevy, :)

Anonymous said...

kira2 bakal di jadiin film lg ga ? makasih sudah posting yaa zola :)

Anonymous said...

zola,,kok aq bca BSJ diary ada epilog 2 ya,,tpi bahsa english,,tlng diposting ea versi indonesia,,
gumawo

atio said...

hei, zola. aku minta izin copy sinopsisx playfull kiss, BSJ diary y. Oke?.

Anonymous said...

romantis baget.... makasih zola.... gara2 kamu aku jadi suka ama PF, +ngefans ama kim hyun joong....

atio said...

hei, zola..
keren banget blog km, aku salut dech..
ending yg kren, sorry sebelumnya nieh boleh gag ak copy sinopsisx playfull kiss ??. pleaseee.... thanks :-)

eve said...

gak sabar nunggu lanjutannya nih....

Oktavia said...

anaknya cewek apa cowok sih?

Diary23 said...

Tiap hari aku buka blog ini slalu liat apa yg terbaru dan eng ing eng...Waaaahhhh gak nyangka bakal ada sinopsis lanjutan PK, senang..senang..senang bangeeeeeeeeeet!! Jd kembali mengingat BSJ&OHN lagi, epiloguenya keren. Ditunggu epilogue 2 nya yah.

Special thx for Zola&Rianti yang udah susah payah translate&ngepost sinopsis ini semoga blog ini makin tenar&bersinar
Sukses ya untuk kuliah&sekolah kalian.
Gomawo Zola,
Gomawo Rianti

Cheers:)
Diary23

dwihyunjoong said...

wah zola keren maksih yah post nya bagus2
yang ini ada di youtube ga ya??

dwihyunjoong said...

wah zola keren2
ada di youtube ga ya?? hhe

Anonymous said...

akhirnya epilog PK dr zola keluar juga...dah kutunggu2...nich....makasih zola...tetep semangat!!1

deota_KHJ said...

@oktavia
anak mereka cewek...

aigo...bener2 pagn liat kehidupan mereka dengan anak mereka..pasti seruwww............

Anonymous said...

zola krennnnn yg epilog 2 dtunggu yah

yhayha tyha said...

wwwaahhhh keren..tpi sayangx g' da fotox...hhuufftthhhhhhh

inung said...

gomawo....asyik bgt bisa find zoladiaries.
ga sabar bca epiloue slnjutnya...
dah lama bkunjung tp bru skrg bisa ngepost n say thx u,

figthing! ^^

laChups said...

hi zola...

really love your blog...

sarange!!!! :)

mau tanya dong,
ost. PK yg diendingnya
special epsode edisi 4
itu, judulnya apa y??
nyarinya susah bgt euy..

mohon link + liriknya y..

hamsaa hammida!!! :)

Anonymous said...

zola thanks q suka bgt ma epilognya....kra"dpet epilogny dman y???

kok q ru denger ja da seung jo's diary....

gomawo...


anzu

Rara said...

@ laChups : q tw,,,judul laguny Have I Told You by Howl...cb ja cr di 4shared

@ Zola : Keren bgt Epiognya,,,ampe q bs mbayangin tiap scene lo epilog ini di dramain,,,,hehehehe,,,! BTW da brp c Epilognya?

Anonymous said...

huaaaaaaa,....
ige mwoyaaaa???????
PFK bnar buat org gila akan indahnya cinta baek seung ju dan oh ha ni,.....hahahahahaaa
alay mampus ne gw,....
heeee

gomawoooo guyz

Anonymous said...

zola salam kenal..... aku suka banget deh sama blog kamu,,,
hebat...
Playful kiss emang keren..

fitriyani said...

zola pk seru bgd....thank's ya zola...

aku mw minta izin buad ngopy ini dong...

cma mw buad koleksi sendiri ja kok....

Anonymous said...

aaaaaaa.... gw telat nie yg baca!!!!
kaget bgt wktu baca post d diary seung jo special yt 7 kl palyfull kiss ad epilog'y,,
gw pkir d blog ini g ad, trnyta ada..seneng bgt wlopun telat baca'y..
sumpah mkin gila m playfull kiss gw, seung jo mkin manis aj..coba ad visualisasi'y pst mkin suka playfull kiss nie..mw liat seung jo nyium hani pst sosweet bgt tuh..
tp yg versi english baca dmn ya???
seru abiesss ni epilog'y,mw dnkz pny suami ky seung jo,,
hehehe... ngarep blh dnkzz,,

thanks to zola n rianti...
gw mkin cinta m blog kalian..



d2

Anonymous said...

yang part 2 nya dongg,,
pleasee ..??!!

Maialee said...

Pengen deh seandainya Epilog Diary Seung Jo ini di bikinin satu Episode visualisasi Drama..
g puas aja cm ngebayangin.. pengen liat versi visual nya... heheh

Ayo dunkz Management nya PK buat PK season 2 bikin kyk Sequel It Started With A Kiss n They Kiss Again....yah..yah..yah..

Heran aq ma org2 di Korea sana Kok bs yah Rating PK g bagus... pdhal kt diIndo sini tergila2 bener ma ni Drama.. ckckckc

Hime said...

Walaupun cuma diary jg di otak sambil bayangin ekpresi BSJ n OHN,,lucu,sedih campur aduk,kangen banget,PK drama is the best.

Anonymous said...

SETUJU.. Kita yg d indonesia dbwt trgila2 m baek seung jo..tp dsna rating'y jeblok..
org korea selera'y lg jelek x..
zola rianti gw g ckp skali ni bC epilog'y..
kangen bgt m couple ni..
bnr2 pngn liat visualisasi'y..
bnr2 puas bgt m ni drama..
tiap hri cm bygn seung jo ha ni ajj ud senyum2 sndri..
kira2 stasiun tV lokal ap yg bli hak siar playfull kiss..


d2

Anonymous said...

Lucu...
Tapi sedikit aneh...bukannya Ha Ni ma Seung Jo dah jadi Dokter...>?

Anonymous said...

Aq juga pengen cerita ini ada filmnya...
Pasti Seruuuu....^^

novi said...

keren bgt epilognya......
kapan ya tayang di indonesia......
n ada jumpa persnya.......
pngen liat BSJ ma hani ke indonesia
buat kak zola makasih ya,....

reni aeng said...

tu di film in g?

Anonymous said...

aduh suka bgt ma khj, apalagi di tambah sama tulisan zola ttg playfull kiss :)

Anonymous said...

heeey zolaaa. thanksfull. nice blog :D
eiya epilogue ini ada dibikin film jg ga ya?
berharap BGT nih kekeke
please dijawab yo :B

Anonymous said...

bagus bngt cih!!!!!buat aku sampe nangis gag percaya

Anonymous said...

baguuuuuuuuus
zola,apa diary ini ditayangkan juga???

Anonymous said...

sorry baru sempet ngoment,

bgus bnget deh critanya. klo mau liat vidionya di mana y?

Anonymous said...

salam kenal :)makasih ya buat sinopsisnya,, keren banget, makin suka sama PK,, ditunggu diary baek seung jo epilogue yang ke 4 :D sukses

Anonymous said...

zola epilog nya keren....... tapi diary ini ada film nya gak sih? kalo ada kapan keluar nya? mohon info nya yaaaa :)

Zola Nail said...

@all Diary ini gak di filmin. Tapi ada aja fans yang bikin videonya dengan ngambil beberapa adegan di PK. mungkin bisa di check di youtube

caca said...

SERUUUUU BANGEEEETTTTT SENENNGG BACANYAAAAAA \m/

Phiutz phatokk said...

huwwaaa kerennn bgt..
pingin nangiss

Anonymous said...

btw ini dibuat siapa? di youtube ada gak?

Dhiand bejo said...

wih sneng deh baca sinopsis kamu zola jdi lbih paham.
gomawo zola.wih sneng deh baca sinopsis kamu zola jdi lbih paham.
gomawo zola.

Dhiand bejo said...

keren banget sinopsisnya jadi lbh paham ma critanya.
gomawo zolakeren banget sinopsisnya jadi lbh paham ma critanya.
gomawo zola

eriena ridza said...

seneng dehhh ..
happy ending ..

desyarfian said...

Hi ka...really like your blog...gomawo! Aku udah baca ini berkali2, keren :-)

desyarfian said...

Oiya kak mau nanya deh beak seung jo's diary epiloge part 4 nya ada? Sebenernya itu sampai part berapa ya? Gomawo kak zola

oca cha tyn said...

huuaah, emang baek seun jo t.o.p. . :D
gomawo. .

Anonymous said...

Gw paling nge fans ama Ibunya baek Seung Jo... Kereen bgt kalo punya ibu mertua kayak gitu qeqeqeqe.... Thanks Zola...

auliadewi said...

haha sempat ketawa baca dialognya Ibu Seung Jo yang bilang Seung Jo sangat jenius krna telah mengatur waktu hamil Ha Ni xixi :D
Seung Jo saja baru tau :D

thx ka zolla buat diarynnya ;)

Anonymous said...

kenapa gak di tayangin di jadiin di tv sih? padahal seru bangeeeeeeet!

Anonymous said...

ajeng

ich ohn hamil psti baek seung jo sangat senang?????

knp tidak ditayangkan di tv sich kan critanya makin seru please dityangkan di tv ya tpi pas liburan sekolah biar kita bisa liat semuanya

aiez_eightvioletrose said...

ka zola bagus banget....tpy pngen nonton video'y.... :(

momon said...

salam kenal yaa kak zola :)
seneng deh bisa baca ini, akku berharap banget kalo baek seung jo's diary ini bisa di filmin, dan itu pasti bakalan seru banget :)
sayangnya qt cuma bisa bayangin aja :(

Anonymous said...

romantis bangeeeeeeeeeeeet. gak bosen deh baca nya <3 <3 <3

Anonymous said...

suka banget...bisa ngak yah di jadiin klip videonya......

*: Umi_Yanti :* said...

makasih banget ya zola.
meski udah tau ceritanya, tapi karena suka banget sama PK sampe2 aku bacanya ngulang terus. apalagi ada seung jo diary'nya, wuah puas bacanya! blog'nya juga keren, serba pink (warna fav aku) :D makasih ya..

chuze said...

gomawo zolaa..
suka banget sama blog kamu... ^^
aja aja fighting!

Anonymous said...

zolaaaaaa,, terimakasih banyak yaaa .. ;)
dn salaaaam kenaaaaal .. ;)
akuu hanyaa bisaaa mengucapkn terimakasih banyak epada mu ..
berkat mu akuu jadii bisaa bacaa diary ny seun jo dn ha-ni ..
sekali lagii terimakasih yaaaa .. :)


#baek seun jo mmng bener.bener top ..
waaaah,, kisah mereka penuh dngn kebahagiaaan .. :D
andaaai ituu terjadi di dalam kehidupan nyataa,, pasti seru dn asyiiik .. :D
love you baeek seun jo and oh ha ni .. :*
ahaha . :D

Anonymous said...

Rame banget.. so sweet.. kalo mau liat video episode ini judulnya apa kak zola? ada gak videonya?

medina aulia rahma said...

lalala~ nanana~ ceritanya baguuuuuuuuuuuuuuuus banngeeeeeeeeettt :) :D :) :D

Anonymous said...

aku suka dengan epilog yg kamu buat ini...

Anonymous said...

Zola, kalo di youtube udah ada episode Baek Seung Jo,s diary, bilang-bilang ya...

Thanks, zola keren deh

Anonymous said...

Kalo anak pertama Baek Seung Ha (SEUNG jo dan HA ni) anak keduanya Baek Jo Ni dong hahaha.. apa banget deh(?)

Desidez said...

tanya dong, sekilas ttg playfull kiss 2, itu sekilas ceritanya gmn ya.. zola tolong jawab ya, butuh pertimbangan utk beli dvdnya... :D

Zola Nail said...

@desidez untuk yang Special Episode ini setiap episodenya gak nyambung. maksudnya ya episode 1 dan 2 itu lain cerita.

rettha sii bebek said...

zola kapan ada lagi yang seung jo epilouge ?

karan kiran said...

hi zola..
salam kenal...

aku suka bgt sma blog kmu..
apalagi blog kmu banyak bahas playful kiss..

(terutama Baek Seung Jo)

:D

Rina said...

wahhh keren.... ada lagi ga???
gua suka bgt sama film naughty kiss n ga ada bosen bosennya nonton film ini

essa said...

ini mmng ada di skript nya ya? hehe.. bngung.. :)... tq...

Anonymous said...

ada video nya gak di youtube?? kalo ada, minta link nya yaaa:)

Lea hyungie said...

mkcee zola....wah,, keren bgt yaaa...,, smpe brpa epiloge ya,, kug cm 2..
tp sayang,, g bs sharing.. pdhal tmen2 pnasaran bgt ma epilog ne

Anonymous said...

zola, koq malah sedih ya, inget sama penulis aslinya (Oh Ha Ni aslinya) ga sama dengan ini, Tuhan begitu baik sudah mau meminjamkan seorang tada buat suaminya...

yoong yoong iffe said...

oh, YA , Zola, ampe brapa episode , sich epilogue Nya???






GOMAWO zOlA

ghina-inazh said...

kok tapi di special episode ga disebut2 kalo punya anak ya? padahal ha ni aja udah jadi perawat.. *bingung

@Anonymous emang penulis aslinya kenapa? baru tau deh oh ha ni itu nama asli penulisnya.. "meminjamkan" maksuddnya suaminya meninggal gitu?

Nabila said...

Aku udah sering baca sinopsisnya kak zola bener-bener hebat dah, DAEBAKK =)

tyvfany said...

ka' zola q bru aja mampir di blog ka' zola dan baru kali ini aq ketagihan sukaaaaaaa banget ma sinopsisnya sukses ya ka' slam kenal.

kira said...

makasih ya kk zola
aku suka bgt sama sinopsisnya
bikin aku kangen sama playful kiss
& salam kenal juga ya kak

Anonymous said...

aku suka !!!!
pengin dehh kim hyun joong sama jung so min jadian benerannn :)

Anonymous said...

waahh..!!! akhirnya OH HANI and BAEK SEUNG JO punya anak

Anonymous said...

wow,, akhirna bsj n ohn punya baby.. thanks zola untuk epilognya.. jadi pengen liat drmanya lagi.. miss baek seung jo..somuch...

Diandra said...

Salam kenal ya, klo yg princess hours ada gk? Kayaknya yg suka juga bnyk...
Thx...

Anonymous said...

keren :D sudah baca berulang kali, makasih yaaa

Anonymous said...

q penasaran dgn kisah hidup o ha ni ma baek seung ju setelah mrka pnya anak...hemmm..dibuat filmnya dunk...hehehehehe...

Post a Comment

Jangan jadi Silent Readers ya :-)

zoladiaries.blogspot.com
-
 

Blog Template by